P2ON

Salam Olahraga – Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menilai produktivitas riset di Indonesia masih rendah. Jumlah riset yang muncul tidak sebanding dengan banyaknya jumlah peneliti yang ada. “Produktivitas para peneliti di Indonesia masih rendah baik publikasi maupun paten,”Kata Deputi Ilmu Pengetahuan Teknologi LIPI, Laksana Tri Handoko, seperti di lansir Antara, Senin 21 Agustus 2017. Handoko menyebut, produktivitas penelitian Indonesia masih berada di angka 0,02 persen pada 2015. Capaian itu masih jauh dari angka ideal, yakni sebesar 15 persen. Padahal, kata dia, jumlah peneliti di Indonesia cukup besar dengan prevalensi 1.071 orang per satu juta penduduk Indonesia. Handoko menilai, perlu kolaborasi dan sinergi lebih erat antara lembaga penelitian dan pengembangan dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas riset. Perlu dibarengi pula lewat strategi kemitraan dengan industri dan swasta seperti di lansir Metronews.com.

Berangkat dari permasalahan tersebut, Pengembangan Potensi Prestasi dan Kesehatan Olahraga Indonesia (P3KORIN) turut andil menjadi pelopor yang konsentrasi terhadap penelitian olahraga yang berbasis pendidikan, prestasi, rekreasi dan kesehatan di Indonesia.

Dalam dekat ini tepat tanggal 5 Mei 2018. Pertama kalinya, P3KORIN menggelar Pelatihan Penelitian Olahraga Nasional 2018. Dengan mengusung tema “Gelorakan Semangat Riset Olahraga”.

RT 1

Ketua Panitia Ramli Tamrin mengungkapkan bahwa “Pelatihan Penelitian Olahraga Nasional 2018 atau di singkatan dengan P2ON ini terinisiasi dari jumlah penelitian olahraga yang sangat kurang terpublikasi dalam skala nasional. Sehingga seringkali menyulitkan ketika mencari referensi pada saat penelitian. Apalagi salah satu syarat untuk menjadi negara yang maju harus pula di tunjang dengan banyaknya riset atau penelitian yang di akaui skala nasional dan internasional”.

“Apalagi di dunia akademik penelitian merupakan sebuah keharusan yang wajib di lakoni sebelum menyelesaikan masa studi. Jumlah lulusan sarjana kian meningkat namun berbanding terbalik dengan jumlah penelitian yang terpublikasi terkhusus di bidang olahraga. Melalui kegiatan P2ON 2018 sangat mengharapkan antusias para akademisi baik mahasiswa, dosen maupun peneliti lebih meningkatkan minat serta semangat untuk terus melakukan riset dibidang olahraga demi kemajuan bangsa dan negara Indonesia” harapnya mahasiswa IKOR FIK UNM ini.

Laporan : TIM P3KORIN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s